Administrator UI TIDAK AKAN PERNAH meminta password Anda atau konfirmasi apa pun. Jangan pernah memberikan informasi apapun terkait usename dan password UI Anda kepada siapa pun. Contoh-contoh bentuk penipuan dapat dilihat di sini.
AWAS ada yang berusaha mencuri identitas UI dengan membuat situs yang mirip dengan Webmail UI. Pastikan Anda mengakses di:

https://webmail.ui.ac.id/admin/

Saat ini UI sudah menggunakan Razor dan Pyzor2 sebagai metode pendeteksian Spam. Metode ini adalah sebuah Plugin pemeriksaan email dari Content Filter (Amavisd-new) yang digunakan oleh UI. Implementasi ini baru dilakukan sejak tanggal 4 Desember 2009, dan diharapkan tingkat pemberantasan Spam di UI akan meningkat kualitasnya.

Razor adalah program pendeteksi spam berbasis Cheksum, terdistribusi serta kolaboratif menggunakan jaringan internet.

DKIM adalah salah satu teknologi identifikasi yang sedang marak digunakan oleh mail-mail server seperti Yahoo dan Google. Mungkin anda pernah mengalami bahwa email yang dikirim dari ui.ac.id selalu menjadi SPAM / Bulk Mail apabila sudah sampai di Yahoo / Google.

Sistem Mail Baru UI menggunakan beberapa mekanisme pencegahan SPAM, antara lain Protocol Filter dan Content Filter.

Mengapa ada istilah mail server konvensional ? Teknologi mail server tidak se-maju teknologi web, dimana ada AJAX, web service, dll. Teknologi pengiriman mail tidak beranjak dari SMTP-SMTP itu saja.

Menyikapi kemandekan teknologi email ini ada hal yang dapat diambil nilai positifnya, yaitu perkembangan teknologi penyimpanan email dapat dengan yakin dibuat.

Ya, Universitas Indonesia menggunakan ASSP. Sebuah software berlisensi Open Source yang cukup mantap dan to-the-point. Beberapa teknologi anti spam sudah berulang kali dicoba namun sepertinya teknologi lain baik itu berbayar maupun berlisensi Open Source yang dicoba masih menggunakan konsep lama, yaitu content base dan sender reputation. Mengapa teknologi tersebut tidak bisa di rasa cocok ?